Facebook Twitter RSS
banner

SEJARAH DUCATI

SEJARAH DUCATI



Berawal pada tahun 1926 keluarga ducati bersaudara yakni,  Adriano Cavalieri Ducati, Marcello Cavalieri Ducati, dan Bruno Cavalieri Ducati mendirikan perusahaan Società Radio BREVETTI Ducati di Bologna. Perusahaan tersebut memproduksi berbagai komponen radio. dan pada pada tanggal 1 Juni 1935, dibangunlah sebuah pabrik baru di Borgo Panigale untuk memulai proyek ambisius mereka yakni mendirikan sebuah pusat industri dan teknologi di Bologna.


Perang dunia ke-2 yang berkecamuk pada tahun 1944 berdampak langsung pada Ducati, Pabrik yang terletak di Borgo Panigale hancur akibat peperangan tersebut. Dua tahun berikutnya, tepatnya tahun 1946 mereka bangkit kembali hingga akhirnya memproduksi miniatur mesin untuk motor, Cucciolo. dan tahun 1952 lahirlah scooter 175 cc dengan transmisi otomatis, Setahun kemudian Ducati meluncurkan motor berkapasitas 98 cc dan kapasitasnya terus berkembang menjadi 125 cc.


Di tahun 1954 Seorang insinyur bernama Fabio Taglioni bergabung dengan Ducati, Taglioni membawa perubahan yang sangat besar pada perkembangan Ducati. Taglioni merancang sebuah mesin yang klep-nya digerakan oleh cam, masin ini sanggup berputar hingga 15.000 rpm. Konstruksi mesin inilah yang nantinya menjadi cikal bakal lahirnya dresmodromic yang mempunyai tenaga besar dan menjadi ciri khas motor Ducati sampai saat ini.

Pada akhir tahun 1956, Ducati memproduksi mesin empat langkah, yakni Tourist 174, Tourist 174 spesial dan Tourist 174 sport. Tourist 174 sport-nya mampu menembus 135 km/jam dan menjadi motor tercepat di jamannya.


Ducati secara resmi memulai debut di ajang dunia balap motor pada tahun 1960. menggunakan mesin 2 langkah dengan kapasitas 250cc , kala itu Mike Hailwood yang mengembangkan mesin balap 2 langkah dan  mengantarkan Ducati meraih podium. Kontruksi mesin desmodromic baru tercipta di tahun 1972. Dimana Fabio Taglioni mengembangkan mesin dua silinder berkapasitas 750cc dan tahun - tahun berikutnya Ducati identik dengan dunia balap motor.


Ducati mengeluarkan Superbike pertamanya pada tahun 1986, yakni menelurkan SUPERBIKE 851 menggendong mesin 851cc L-twin yang sanggup memuntahkan tenaga hingga 93 HP. Baru pada tahun1988 DUCATI 851 mengikuti WSBK yang pertama kali dengan pembalap Marco Lucchinelli. Dan di tahun 1990 Raymond Roche menjuarai WSBK. Sejak saat itu motor Ducati mendominasi kejuaraan WSBK.


Bertepatan dengan 75 tahun berdirinya Ducati, Troy Bayliss menjuarai WSBK pada Tahun 2001 dan Ducati mendapatkan gelar juara pabrikan ke-10 nya, Barulah di tahun 2003 Ducati turun diajang kejuaraan motoGP dan di tahun 2007 Casey Stoner mempersembahkan gelar untuk Ducati.

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: admin
Lorem ipsum dolor sit amet, contetur adipcing elit, sed do eiusmod temor incidunt ut labore et dolore agna aliqua. Lorem ipsum dolor sit amet.

0 komentar: